Kamis, 19 Oktober 2017

Gerakan Energi Bersih Indonesia


Indonesia merupakan negara berkembang yang saat ini memiliki impian untuk menjadi salah satu negara yang menerapkan penggunaan sistem "energi bersih" yang saat ini banyak di implementasikan oleh banyak negara maju di dunia. Untuk mewujudkan impian besar tersebut maka munculah suatu deklarasi nasional yang diberi nama "Deklarasi Gerakan Nasional Sejuta Surya Atap Menuju Gigawatt Fotovoltaik". 

Deklarasi tersebut diselenggarakan antara lain untuk memperkuat ketahanan energi nasional, tentunya dengan adanya acara tersebut diharapkan banyak pihak yang akan berpartisipasi dan turut andil dalam mewujudkan Indonesia menjadi negara dengan energi bersih. 

Deklarasi yang dilangsungkan bertepatan dengan jamuan makan malam IndoEBTKE ConEx 2017 in Conjuction with Bali Clean Energy Forum 2017 di Jakarta, memiliki beberapa kutipan penting sebagai berikut : 

  1. Mendorong dan mempercepat pembangunan pembangkit listrik tenaga surya fotovoltaikatap di perumahan, fasilitas umum, perkantoran pemerintah, bangunan komersial dan komplek industri, hingga mencapai order gigawat sebelum 2020. 
  2. Mendorong tumbuhnya industri nasional sistem fotovoltaik yang berdaya saing dan menciptakan kesempatan kerja hijau. 
  3. Mendorong penyediaan listrik yang handal, berkelanjutan dan kompetitif
  4. Mendorong dan memobilisasi partisipasi masyarakat untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan ancaman perubahan iklim, dan ikut mendukung terlaksananya komitmen Indonesia atas paris agreement dan upaya mencapai tujuan Sustainable Development Goals (SDG) 


So, dari hasil deklarasi yang dihadiri oleh banyak pihak yang berkontribusi ini akan semakin memantapkan Indonesia untuk mencapai tujuannya sebagai negara dengan energi bersih di kawasan Asia Tenggara. 









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Emisi Berdampak Pada Peningkatan Frekuensi Kejadian Bencana di Dunia !

Dengan bencana alam seperti badai, banjir dan dampak-dampak lain akibat perubahan yang semakin merusak, semakin mendesak untuk setiap n...